Renovasi Rumah Limasan Menjadi 2 Rumah Kontrakan

Renovasi rumah menjadi rumah 2 kontrakan adalah sebuah tantangan yang menarik bagi saya.Karena kita harus berfikir bagaimana menjadikan sebuah rumah dengan luasan tertentu harus dijadikan 2 rumah kontrakan. Hal yang perlu dipertimbangkan adalah luasan lahan/luasan rumah yang lama, bentuk rumah lama, dan struktur inti rumah lama. Tentunya kita harus melihat dan survey sendiri, agar kita tahu masalah dengan detail dan membuat solusi sebaik mungkin.

Sebagai berikut adalah perencanaan rumah limasan (rumah jawa lama) menjadi 2 rumah kontrakan:

Pemilik rumah : Bapak Bambang Irianto
Lokasi             : Magelang, Jawa Tengah
Luas Tanah     : 205m2
Luas Lantai terbangun: 120m2


Lahan / Rumah lama berbentuk persegi panjang dengan lebar muka 9,8m dan panjang kebelakang sekitar 20m. Maka agar bisa menjadi 2 rumah kontrakan, lahan kita bagi 2 dengan lebar muka sekitar 4,6m dan panjang tetap 20m. 

Dinding rumah lama yaitu dinding kanan, kiri dan belakang kita pertahankan, namun struktur kita perkuat dengan tambahan kolom dan ring balk. Untuk dinding yang pas pada AS pembagi bangunan kita pertahankan dan kita tambah/tutup, sehingga menjadi dinding pembatas 2 rumah. Untuk pembuatan ruang-ruang dan kamar-kamar kita buat dinding baru. Atap kita ganti total dikarenanakan struktur atap rumah lama menggunakan kayu, dan kondisi rangka atap kayu sudah pada rusak dan keropos, maka atap kita ganti rangka atap baja ringan. Dengan bentuk atap pelana yang mana, atap jadi satu, tidak tiap-tiap rumah dengan atap sendiri-sendiri.

Tiap rumah terdiri masing-masig 1 ruang tamu, 1 ruang keluarga, 1 ruang makan, 1 dapur, 1 km/wc, ruang cuci, area jemur, dan 2 kamar tidur. 

Dinding depan rumah lama kita bongkar, agar fasad/tampak rumah bisa kita rubah menjadi minimalis. Dengan atap teras memakai atap dag beton. 



0 komentar:

Posting Komentar